Website SMPN 19 Surakarta
Adiwiyata adalah kegiatan penghijauan sekolah.
Guru-guru SMPN 19 Surakarta

semua bisa pintar

 

Semua bisa pintar

Selama ini setiap orang mempunyai persepsi masing-masing mengenai tingkat kecerdasan mereka. Ada yang berpikir bahwa kecerdasan adalah sesuatu yang tetap dan ada juga yang berpikir bahwa kecerdasan dapat berkembang melalui latihan. Semakin banyak kita melatih otak, semakin kuat otak kita. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa persepsi kedua lah yang benar. Kecerdasan iti dapat berkembang.

Murid harus  memahami konsep ini, dan harus diubah   persepsi mereka mengenai kecerdasan. Untuk itu perlu disampaikan pesan bahwa kecerdasan dapat berkembang (growth mindset). Untuk itu diperlukan sebuah kegiatan yang menggabungkan beberapa metode pengajaran seperti membaca komik yang menarik, diskusi dengan kelompok dan diskusi seluruh kelas, dan aktivitas-aktivitas lainnya.

Komik-komik ini akan menunjukkan bukti ilmiah bahwa otak dapat berkembang dan juga menunjukkan strategi untuk mengembangkan kapasitas intelektual murid. Kegiatan-kegiatan lainnya seperti diskusi dan menulis surat adalah metode komplementar untuk membantu pemahaman murid mengenai  konsep-konsep yang diterangkan.

Murid harus memandang program in sebagai latihan di luar kegiatan akademis biasa, bukan sebagai bagian dari jam pelajaran biasa untuk diuji dan kemudian dilupakan. Murid yharus menyadari bahwa konsep-konsep ini akan sangat relevan dan bermanfaat untuk kehidupan mereka di dalam maupun di luar sekolah.

Terdapat 4 buah komik  yang berisi tentang :

1.     OTAK ITU SEPERTI OTOT

Kata kuncinya adalah, Otak itu seperti otot, maka harus sering dilatih agar semakin kuat. Tidak ada yang lahir bodoh atau pintar, semua orang dapat melatih otaknya untuk menjadi pintar melalui usaha yang cukup.

 

 

 

 

 

2.     BELAJAR DARI KEGAGALAN

Kata kuncinya: Kamu bertambah pintar dengan terus mencoba lagi. Kamu bertambah pintar dengan tidak takut salah atau gagal. Belajar dari kesalahan dapat menumbuhkan otakmu

3.     BELAJAR DENGAN BERTANYA

Kata kuncinya : Bukan “tidak bisa” tetapi”belum bisa”. Bertanya kepada orang lain adalah bagian belajar. Tidak ada pertanyaan bodoh, jadi jangan takut bertanya

4.     BELAJAR DARI MENYUKAI TANTANGAN

Kata kuncinya : Menjadi bisa karena menyukai tantangan. Kegiatan mudah tidak menstimulus otak. Carilah hal yang sulit dan menantang agar otak terstimulasi dan tumbuh.

 

 

 

 

Dari ke-4 komik tadi dapatlah kita buat yel yel untuk kegiatan ini sebagai berikut :

1.     Semua orang.. (gerakan : menunjuk semua orang)

2.     bisa pintar. (gerakan :  mengacungkan jempol)

3.     Otak itu… (gerakan:  menunjuk kepala)

4.     seperti otot. (gerakan : menunjuk kepada otot lengan

5.     Harus dilatih… ( gerakan : menirukan angkat bebah)

6.     Agar tambah kuat ( gerakan : menegangkan otot seperti binaragawan)

7.     Kalau gagal? (gerakan : Jongkok)

8.     Coba lagi ! (gerakan: berdiri dan mengankat dua tangan)

9.     Kalau bingung? (gerakan : tangan memegang kepala, wajah bingung)

10.            Ya bertanya! (gerakan : mengangkat tangan kanan)

11.            Tantangan? (gerakan : tangan mengepal di dada)

12.            Harus Suka!(gerakan:menunjuk ke depan)

 

 

 

 

Cukup sulit untuk memotivasi murid ketika mereka memasuki usia remaja. Pada tahap ini , murid mengalami berbagai macam tantangan membangun sebuah identitas, menyesuaikan diri dalam konteks sosial, menghadapi harapan-harapan yang positif dan negative di sekolah dan di rumah, dan lain-lain Selain itu murid juga  berhadapan dengan masa transisi mereka di Sekolah Menengah Atas, memasuki sekolah yang baru dan mencari teman baru. Keadaan ini membuat guru cukup sulit untuk memotivasi murid untuk focus pada pelajaran dan memberikan usaha yang terbaik dalam pelajarannya.

Selain itu, keyakinan dan kepercayaan murid mempengaruhi motivasi mereka. Banyak murid yang memiliki masalah dengan dengan rasa percaya diri yang rendah, ekspektasi yang rendah dari orang lain, kegagalan di sekolah dan rasa bahwa mereka tidak dapat mengatur takdir mereka. Namun, ketika guru membantu murid untuk mengatasi pikiran-pikiran ini, dapat membantu murid untuk mengembangkan potensi diri mereka.

Program Semua Bisa Pintar berusaha mengubah keyakinan murid dan membantu mereka untuk berkembang melalui pembelajaran yang positif. Semua murid, terutama mereka yang berasal dari kondisi social ekonomi lemah, dapat mendapat manfaat sangat besar dari program ini.

(Program kementrian  Pendidikan dan Kebudayaan)

 

                                                                        

 

 

 

 

 

 

File Download